Ganjar Pranowo Terharu Hadiri Pembukaan PON Papua

Ganjar PON Papua
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghadiri pembukaan PON XX Papua, Sabtu 2 Oktober 2021. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

Terkini.id, Papua – Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi dibuka. Upacara pembukaan dihelat dengan luar biasa meriah pada Sabtu 2 Oktober 2021 malam di stadion Lukas Enembe.

Upacara pembukaan PON XX Papua dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Ratusan masyarakat juga hadir, dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Selain presiden, sejumlah pejabat penting seperti menteri dan kepala daerah di Indonesia juga hadir di Papua. Salah satunya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Upacara pembukaan dimulai sekitar pukul 19.00 WIT. Acara begitu meriah dengan penampilan tari-tarian dari putra-putri Papua, alunan musik dan lagu khas Papua dari sejumlah artis nasional dan lokal Papua. Selain itu, acara semakin fantastis dengan pertunjukan LED berwarna-warni serta pertunjukan kembang api di akhir acara.

Semua pengunjung sangat terpukau dengan pertunjukan itu, termasuk Ganjar Pranowo. Ditemui usai acara, Ganjar mengatakan pembukaan PON XX Papua sangat dahsyat luar biasa.

“Ini dahsyat, luar biasa. Ini mengharukan bagi saya, karena ini dilaksanakan di tanah Papua,” katanya.

Perayaan PON di Papua memang baru pertama terjadi saat ini. Sebelumnya, Papua belum pernah mendapat jatah menjadi tuan rumah perhelatan olahraga akbar empat tahunan itu.

“Perayaan biasanya di kota-kota besar, di Ibu Kota negara. Tapi ini dilaksanaakn di Papua, bukan di kota besar dan di Ibu Kota Negara. Tapi ini meriah sekali,” jelasnya.

Teknologi yang digunakan juga sangat maju. Pertunjukan menjadi lebih hidup dengan perpaduan teknologi mutakhir.

“Ini meriah sekali, dengan teknologi sangat tinggi. Anak bangsa kita memang membanggakan. Saya benar-benar terharu karena acara semeriah ini bisa dilakukan di Papua. Membanggakan!,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa memang ini adalah PON yang pertama kali digelar di Papua. Tidak hanya ajang olahraga, namun PON Papua adalah panggung persatuan, kebersamaan dan persaudaraan.

“Semangat PON Papua juga mengandung semangat kesetaraan dan keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai NKRI,” ucapnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

118 Bus Gratis Disiapkan Ganjar Untuk Mudik Lebaran

Begini Langkah Pertamina Amankan Pasokan BBM Jelang Lebaran di Jateng

Relokasi Pasar Johar Terbakar, Ganjar dari Rembang Langsung ke Lokasi

Begini Buntut Ganjar Sidak SMA Tawangmangu

Diduga Jadi Kurir Sabu, Pria Semarang Ini Diringkus Petugas

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar