Peringati Hari Rabies Sedunia, PDHI Jateng Gelar Vaksin Gratis di Semarang

Vaksin Rabies Gratis
Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia cabang Jateng I, mengadakan baksos vaksin rabies gratis di Balai Kota Semarang, 25 September 2021. (FOTO: Yeni)

Terkini.id, Semarang – Peringati hari rabies sedunia Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia cabang Jawa Tengah I, mengadakan bakti sosial dengan menggelar vaksin rabies gratis kepada pemilik hewan peliharaan di Kota Semarang, Minggu 25 September 2021.

Pelaksanaan vaksin rabies gratis yang dilaksanakan di Balai Kota Semarang ini menerapkan protokol kesehatan ketat dan menggunakan metode Drive Thru sehingga praktis menghindari kerumunan serta menghemat waktu untuk menghindari resiko penyebaran Covid-19. 

Dokter hewan Theresia Anna selaku ketua panitia kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 1650 dosis vaksin rabies untuk diberikan secara cuma cuma. 

“Untuk hari Drive Thru kita sediakan 350 dosis vaksin rabies dan sisanya tersebar di beberapa klinik. Dan hari ini yang mendaftar secara on line sudah sekitar 250 hewan lebih,” ujar Anna. 

Terkait isu rabies pada hewan peliharaan Anna menambahkan, saat ini PDHI Jateng tetap menentang konsumsi daging anjing karena beresiko membawa masuk virus rabies ke wilayah Jawa Tengah karena sebagian besar anjing anjing tersebut masuk tanpa melalui karantina kesehatan hewan. 

“Jawa Tengah telah dinyatakan bebas rabies sejak 1997, tetapi anjing yang dikonsumsi ini kan banyak masuk dari luar Jawa Tengah, pasti beresiko membawa wabah rabies,” tegasnya. 

Kebutuhan protein hewani lanjut Anna, sewajarnya bukan dari daging anjing yang memang bukan untuk dikonsumsi.

Sementara itu antusias dari pemilik satwa dalam kegaiatan vaksin rabies ini cukup tinggi, terbukti sejumlah kendaraan roda empat yang membawa anjing dari beragam jenis dan ras yang jadi pusat perhatian.

Anjing jenis Husky milik Ardi saat divaksin rabies dalam kegiatan vaksin rabies gratis di Balai Kota Semarang, 25 September 2021. (FOTO: Yeni)

Ardi, salah seorang pemilik mengatakan dirinya cukup terbantu dengan kegiatan vaksin rabies gratis ini, mengingat jumlah anjing yang dimilkinya cukup banyak.

“Di rumah ada enam ekor anjing mas. Pasti kalau ke klinik vaksin rabies berbayar lumayan ongkosnya. Makanya saya ikut acara hari ini karena gratis,” ungkapnya. 

Meski begitu pada kesempatan tersebut, Ardi hanya diperbolehkan membawa tiga ekor sesuai ketentuan panitia yakni maksimal tiga ekor satwa untuk tiap kendaraan.

Selain di Balai Kota Semarang, kegiatan vaksin rabies gratis ini juga akan diadakan di sejumlah klinik hewan di Kota Semarang dan beberapa kota di Jawa Tengah hingga 30 September mendatang.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Ganjar Kirim Bantuan dan Relawan Bantu Korban Erupsi Semeru

Pemprov Jateng Siap Bantu Penanganan Semeru

Bupati Semarang Apresiasi Kegiatan Vaksinasi Djarum Foundation dan Polres Semarang

Bazar dan Pasar Murah Digelar Peringati HUT Dharmawanita ke 22 di Kota Semarang

Jumat Berkah, Ditlantas Polda Jateng Gelar Baksos Dalam Operasi Patuh Candi 2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar