Cara Menghemat Uang Setelah Gajian Turun

Cara Menghemat Uang
Tips berhemat saat jumlah gaji menurun. (ist)

Terkini.id, – Seperti kata orang,hidup itu pasang-surut. Itu juga bisa terjadi pada gaji atau penghasilan kita,entah sebagai karyawan atau wirausaha. Apalagi di saat-saat yang semakin tidak menentu seperti ini. Maka,perlunya menghemat uang dengan lebih ekstra dari sebelumnya.

Memang,ada banyak sekali cara untuk memertahankan keuangan keluarga,salah satunya adalah berhemat. Tapi,bisa jadi pengeluaran kita tetap sama padahal penghasilan menyusut. Atau anda mungkin merasa uang habis tanpa sadar seolah-olah uang anda punya sayap? Anda sudah menekan pengeluaran tapi tetap saja tidak ada sisa uang untuk ditabung? Jika salah satu atau bahkan semuanya anda pernah atau sedang alami,berikut adalah 6 tips agar bisa berhemat khususnya setelah gaji atau penghasilan turun.

Cara Menghemat Uang Setelah Gajian Turun!

1.Menulis Daftar Belanjaan

Cara menghemat uang yang pertama adalah dengan menulis daftar apa saja yang perlu dibeli. Kami yakin banyak pembaca sudah melakukannya,bahkan saat penghasilan masih stabil. Tapi,bisa jadi ada yang belum pernah mencoba. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah pengeluaran yang tak terkendali. Jangan sampai anda menyesal di rumah saat menyadari bahwa sisa pemasukan anda sangat kurang untuk kebutuhan primer.

2.Catat Pengeluaran

Cara menghemat uang yang kedua adalah, catat selalu pengeluaran! Jangan sepelekan pencatatan pengeluaran. Karena itu akan sangat berguna untuk membantu anda dalam menghemat uang. Dengan adanya catatan pengeluaran anda bisa mengetahui uang yang anda gunakan untuk keperluan apa saja selama suatu jangka waktu tertentu sehingga anda bisa mengontrol kira-kira pengeluaran apa saja yang tidak perlu dan mengutamakan pengeluaran wajib setiap harinya.

3.Susun Budget dan Terus Pantau

Atur rencana pengeluaran anda. Buatlah sebuah daftar pengeluaran setiap hari dan atur budget. Setelah itu anda bisa terus pantau pengeluarannya, apakah sesuai dengan perencanaan yang anda buat sebelumnya atau malah keluar jauh. Jika anda menemukan pengeluaran anda keluar dari rencana yang dibuat, segera stop pengeluaran lalu atur kembali dan bertekadlah untuk tetap sesuai seperti rencana awal.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Ganjar Kunjungi UMKM Mebel di Kendal yang Omzetnya Meningkat Kala Pandemi

Pandemi Tak Menyurutkan Ekspor Teh Hitam Jawa Tengah Yang Kian Meroket

Kesepakatan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir, Bangkitkan UMKM Pasca Pandemi

Pasca Corona Ganjar Siapkan UKM Naik Kelas, Gandeng e-Commerce Raksasa Nasional

Ganjar Pranowo: Ketahanan Pangan di Jateng Masih Aman

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar