Semarang Zoo Kembali Dibuka Dengan Protokol Kesehatan Ketat

semarang zoo
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama dengan anak harimau benggala dalam acara pembukaan kembali Semarang Zoo, 15 Juli 2020. (FOTO: Araya)

Terkini.id, Semarang – Setelah sempat ditutup selama 3 bulan akibat pandemi, akhirnya Taman Marga Satwa Semarang Zoo kembali dibuka pada Rabu 15 Juli 2020. Pembukaan ditandai dengan pemberian nama penghuni baru anak harimau Benggala yang diberi nama Covi dan Vivid.

Namun demikian, pembukaan Semarang Zoo lantas tak membuat membuat Pemerintah Kota Semarang lengah.  Upaya untuk mencegah klaster baru dilakukan di Semarang Zoo, seperti dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di area wisata dan kandang, menyediakan fasilitas tempat mencuci tangan dan pembatasan kapasitas pengunjung hingga setengah dari kapasitas seharusnya.

Selain itu sebelum memasuki area Semarang Zoo, pengunjung diwajibkan menggunakan masker dan diukur suhu tubuh oleh petugas yang telah bersiap di gerbang masuk. Bukan itu saja setiap karyawan yang bertugas juga telah dilengkapi dengan face shield, masker dan sarung tangan untuk menghindari kontak guna mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk pembayaran tiket pun pengunjung bisa melakukannya dengan cashless atau non tunai secara QR code untuk meminimalisir sentuhan dengan uang ataupun alat pembayaran.  

Di masa pandemi ini, pihak manajemen terpaksa menaikan harga tiket masuk yang semula Rp. 15.000 menjadi Rp. 20.000 dengan alasan salah satunya untuk meningkatkan kesejahteraan satwa. Namun angka tersebut dianggap masih cukup murah bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Semarang Zoo.   

Sementara itu Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang memimpin langsung acara dibukanya kembali Semarang Zoo menjelaskan semuanya harus mengikuti aturan pemerintah dan tidak semata-mata menarik wisatawan sebanyak-banyaknya. 

“Penekanannya harus mengikuti petunjuk Pak Presiden. Jadi tidak semata-mata menarik wisatawan sebanyak-banyaknya akan tetapi bagaimana mengatur jumlah pengunjung yang kesini benar-benar mengikuti protokol kesehatan,” ujar Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini. 

Dalam kesempatan itu pula, Hendi memberikan nama langsung kepada dua ekor anakan harimau Benggala betina penghuni baru Semarang Zoo, dengan nama Covi dan Vivid yang merupakan hasil pertukaran satwa dengan Taman Marga Satwa lain. 

Seperti diketahui untuk saat ini koleksi satwa di Taman Marga Satwa Semarang Zoo berjumlah 281 ekor yang terdiri dari berbagai macam spesies mamalia, unggas, reptil dan sebagainya. Selain koleksi satwa, Semarang Zoo juga telah menyediakan beragam wahana bermain baru bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata melepas kepenatan di masa pandemi ini. 

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Ganjar Bakal Cek Sendiri Kepala Daerah Yang Tak Mau Tes Masif

Bersama Alumni Akpol 91 Kapolda Jateng Selenggarakan Baksos 29 Tahun Mengabdi

Polda Jateng Gelar Operasi Patuh Candi 2020 Mulai Hari Ini

Polda Jateng Berhasil Ringkus Perampok Rp 2,2 Miliar

Kapolda Jateng Kukuhkan Pencanangan Kampung Siaga Candi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar