Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Jateng Sukses Galang Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19

Bantuan KTNA Jateng
KTNA Jateng ketika menyerahkan bantuan untuk warga terdampak di Wisma Perdamaian, 1 Juni 2020. (FOTO: Dok KTNA Jateng)

Terkini.id, Ungaran – Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan atau KTNA Provinsi Jawa Tengah dalam rilisnya Jumat 5 Juni 2020, menyampaikan Laporan Kegiatan berkaitan dengan bantuan untuk warga terdampak dalam situasi pandemi Covid-19.

Keprihatinan dan kepekaan sosial muncul dari hati para petani yg setiap hari selalu berkomunikasi lewat WA dikarenakan pembatasan Physical Distancing yg tidak memungkinkan untuk saling bertemu seperti sebelumnya.

Gayung pun bersambut dalam sebuah diskusi non formal ini dan akhirnya memunculkan ide pemikiran untuk berbagi membantu terhadap masyarakat yg terdampak akibat wabah Covid-19.

Bambang Supartoko sekretaris KTNA Jawa Tengah sebagai salah satu pencetus ide pemikiran, bersama Ketua dan jajaran pengurus harian mengadakan rapat dan membahas program kerja yg diberi nama Jimpitan Beras KTNA Jateng disaat bulan Puasa 1441 H kemarin.

Kenapa Jimpitan Beras?

Bambang menuturkan bahwa petani belum pasti akan memberikan bantuan terhadap warga terdampak dengan uang, melainkan hasil panen yang ada ditempat masing-masing.

Petani padi punya beras, petani sayur punya hasil sayur, buah, hasil peternakan, perikan dan sebagainya termasuk bagi yang sehari-hari bergelut sebagai nelayan.

Setelah berdiskusi dengan kepanitiaan kecil dan memutuskan dari sekian banyak potensi yg ada kesimpulannya KTNA Jateng akan menggalang donasi dengan mengumpulkan melalui Jimpitan yaitu memungut walaupun sedikit dari banyak lokasi.

Beras dan telur dirasa paling mudah untuk dikumpulkan dan memberi manfaat langsung bagi penerima di tengah situasi sulit saat ini.

Kegiatan mulia ini diluncurkan menjadi program resmi KTNA Jateng yang seharusnya di bulan Juni 2020 ini akan mengikuti kegiatan Pekan Nasional atau PENAS ke XVI di Kota Padang Sumatera Barat.

Munaji Ketua KTNA Jateng asal Kota Salatiga menuturkan bahwa program jimpitan beras dari petani yg dihimpun oleh anggota KTNA Jateng ini terstruktur dan masif mengumpulkan beras dan telur dari para petani dan kelompok-kelompok tani yg ada di seluruh pelosok wilayah Jateng.

Dari desa ke kecamatan kemudian terkumpul di Sekretariat KTNA Kabupaten dan Kota. Setelah terkumpul kemudian dikirim ke sekretariat KTNA Jateng yg ada di BPTP Bukit Tegal Epek Ungaran.

Munaji yg sehari-hari sebagai petani padi ini juga menjelaskan karena kondisi teknis yang tidak memungkinkan mengumpulkan barang maka donasi dapat juga dikelola dalam bentuk uang .

“Seberapapun nilainya agar dapat terkumpul selanjutnya akan dibelikan beras dan telur sesuai kesepakatan rembuk bantuan akan disalurkan dalam bentuk beras dan telur,” ujar Munaji.

Anggota KTNA Jateng asal Rembang sekaligus menjabat Ketua KTNA Kabupaten Turyono, menuturkan bahwa dirinya beserta para petani dan Nelayan Pantura Timur siap mempelopori untuk mewujudkan gerakan sosial ini dan hasilnya cukup sukses mengumpulkan beras dan telur langsung dari petani.

Seiring perjalan waktu, hal tersebut diikuti daerah lain seperti Kabupaten Grobogan, Kendal, Semarang, Sukoharjo, Pemalang, Brebes, Banyumas, Sragen, Karanganyar, Boyolali, Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, Demak, Pekalongan, Kebumen, Wonogiri bahkan termasuk Kota Surakarta, Semarang, Salatiga dan Pekalongan.

Dalam kegiatan rembuk harian dan clossing kegiatan Rabu 3 Juni 2020 Bambang Supartoko yang akrab disapa juga Pak Sekjen bersama Bendahara KTNA Jateng H. Ahmad Sofyan melaporkan ke awak media bahwa kegiatan ini luar biasa, dalam waktu singkat dapat terkumpul donasi beras dan telur beserta uang puluhan juta rupiah yang diwujudkan dalam bentuk bantuan akhir sebanyak 5 ton beras dan setengah ton telur ayam.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima bantuan dari KTNA Jateng, 14 Mei 2020. (FOTO: Dok KTNA Jateng)

Secara simbolis bantuan telah diserahkan oleh Ketua KTNA Jateng Beserta jajaran Pengurus harian pada tanggal 14 Mei 2020 kepada gugus tugas Covid – 19 Pemda Jateng yg diterima langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh.

Sementara itu beras dan telur secara bertahap juga diserahkan ke gudang logistik di Wisma Perdamaian yang bertepatan dengan hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2020. Begitu pula dengan donasi telah selesai diserahkan.

Di tempat terpisah saat kegiatan seremoni sederhana dilaksanakan di kediaman Gubernur Jateng, atas nama Pemerintah Jawa Tengah, Ganjar memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para petani di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota di Jateng melalui KTNA, yang telah memberikan rasa simpati dan bantuannya dalam bentuk donasi bahan pangan.

Bantuan ini sangat diperlukan dan betmanfaat bagi saudara kita yg terdampak akibat wabah virus corona.

Diakhir sambutannya Pak Ganjar yang biasa disapa para petani, memberikan pesan dan himbauan agar para petani melalui KTNA ikut membantu programnya pemprov yaitu Jogo Tonggo dimana KTNA bisa mempelopori dan mengajak para masyarakat menanam bahan pangan maupun sayuran di lingkungan rumah masing-masing sesuai potensi daerahnya. Jika kegiatan ini dilakukan secara masif maka situasi seperti saat ini ketahanan pangan akan teratasi.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Kapolri Idham Azis Pimpin Wisuda 293 Taruna Akpol

Untuk Kawasan Yang Tidak Memiliki SMA/SMK Negeri, Pemprov Punya Solusi

Ganjar Tinjau Produksi Furnitur Semarang Langganan Artis Hollywood

Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-74 Dilakukan Virtual

Dua Daerah Masih Merah Covid-19, 11 Daerah Butuh Perhatian Khusus

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar