Tak Perlu Cemas, Begini Penjelasan Dokter Hewan Soal Virus Corona Pada Binatang Peliharaan

Drh. Lely Anggriani Nababan
Drh. Lely Anggriani Nababan menjelaskan corona virus pada hewan kesayangan di Drh. Nugroho Animal Center, 15 April 2020. (FOTO: Zap)

Terkini.id, Semarang – Mungkin anda pemilik hewan peliharaan saat ini timbul kekhawatiran, apakah hewan kesayangan anda bisa menjadi media penularan Covid-19 atau jangan-jangan hewan kesayangan anda bisa ikut tertular. 

Ditemui di tempat praktiknya Drh. Nugroho Animal Center Jalan Imam Bonjol Semarang, Drh. Lely Anggraini Nababan menjelaskan bahwa sesungguhnya Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 tidak menular pada hewan peliharaan, dari dan ke manusia.

“Sejauh ini belum ada penelitian yang terbukti bahwa hewan peliharaan bisa tertular atau menularkan Covid-19 ke manusia. Memang dari media sempat diberitakan di salah satu kebun binatang di Amerika ada harimau yang positif Covid-19, namun hal itu masih membutuhkan penelitian mendalam dan WHO juga belum bisa memastikan bahwa ada penularan dari manusia ke hewan atau sebaliknya,” ujar dokter hewan yang akrab disapa dokter Lely ini. 

Terkait informasi penemuan Covid-19 pertama kali berasal dari satwa liar di salah satu pasar di Kota Wuhan Cina dirinya mengatakan masih belum ada kepastian hasil dari penelitian hal tersebut.

“Kalau dari kelelawar yang dikatakan itu, memang belum pasti karena yang kita tahu penularannya itu kan dari manusia ke manusia salah satunya melalui droplet , jadi kalau dari hewan liar yang dikatakan kelelawar itu memang belum pasti,” terang dokter hewan lulusan Universitas Udayana Bali ini.  

Pandemi Covid-19 tidak hanya menyengsarakan umat manusia, akan tetapi dibeberapa negara hewan peliharaan pun terkena dampaknya.

Namun bukan dampak secara langsung alias terjangkiti positf Covid-19, melainkan banyak dari pemilik merasa ketakutan dan cemas sehingga tak sedikit hewan peliharaan seperti anjing dan kucing ditinggalkan terlantar oleh pemiliknya. 

Sementara itu di Indonesia gejala kecemasan terhadap hewan kesayangan tersebut perlahan mulai nampak. Berdasarkan pantauan kami melalui media sosial, sejumlah pemilik akun memposting hewan kesayangannya untuk diadopsi orang lain dengan alasan wabah Covid-19.

Terlepas apapun alasan sesungguhnya sangat disayangkan jika karena pengetahuan yang minim para pemilik menjadi cemas berlebihan, sehingga membiarkan hewan kesayangannya diberikan ke orang lain atau bahkan menjadi terlantar.

“Kalau corona virus di hewan itu memang ada contohnya pada anjing dan kucing, cuma itu tidak mentransmisi jadi Covid-19, tetapi akan menular sesama hewan semisal anjing ke anjing terus kucing ke kucing. Untuk kucing memang mengganggu pernapasan, jadi gejala awalnya menyerang pernapasan tapi perlu pemeriksaan lanjutan, cek darah, cek gejala lainnya karena belum tentu juga gangguan pernapasan itu akibat virus corona. Dan kalau di anjing corona virus lebih menyerang ke pencernaan” jelas dokter Lily. 

Sambil menunjukan buku vaksin dokter Lily mengatakan, “beberapa produsen vaksin sebenarnya sudah menyediakan vaksin khusus corona virus untuk hewan peliharaan, jadi pemilik tidak perlu khawatir.”

Dan berikut tips dari Drh Leli bagaimana mencegah dan menjaga agar hewan kesayangan tetap sehat di saat pandemi ini : 

  1. Pastikan jadwal vaksin hewan kesayangan sudah dilakukan, ini bertujuan untuk memberikan daya tahan tubuh.
  2. Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kandang. 
  3. Rutin memandikan hewan kesayangan minimal seminggu sekali.
  4. Bagi pemilik yang sedang sakit atau dalam status pantauan isolasi, untuk mengurangi kontak kepada hewan peliharaan terlebih dahulu. 

“Tidak perlu khawatir karena memang sejauh ini tidak ada dikatakan secara valid kalau misalnya hewan peliharaan kalian itu mengalami yang namanya Covid-19 yang bisa menularkan ke si pemiliknya,” tutup dokter hewan yang masih lajang ini.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Terkendala Izin Limbah, Ganjar Bantu Rumah Sakit Urus ke KLHK

Ganjar Ingatkan Kepala Sekolah Tak Lakukan Pungutan Liar

Kapolri Idham Azis Pimpin Wisuda 293 Taruna Akpol

Untuk Kawasan Yang Tidak Memiliki SMA/SMK Negeri, Pemprov Punya Solusi

Ganjar Tinjau Produksi Furnitur Semarang Langganan Artis Hollywood

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar