Zakat Dibayar Awal Ramadhan, Demi Warga Terdampak Corona

Rakor salat tarawih
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memimpin rakor pembahasan salat Tarawih dan Idul Fitri 1441 H, Selasa 7 April 2020. (FOTO: Biro Humas Provinsi Jateng)

Terkini.id, Semarang – “Tadi kami sepakat, terkait zakat akan dibayarkan begitu masuk bulan Ramadhan.Pemerintah provinsi sudah siapkan surat edaran untuk yang bergama Islam agar zakat fitrah bisa di depan termasuk zakat mal. Ini kemudian akan kita dorong semuanya untuk penanganan Covid-19 sehingga ini bisa membantu kondisi masyarakat yang sedang sulit,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, usai mengikuti rapat koordinasi pembahasan ibadah bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa siang.

Ganjar menjelaskan, Kementerian Agama RI telah menerbitkan surat edaran nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di Jawa Tengah.

Namun, khusus ibadah selain zakat akan didiskusikan di masing-masing ormas dan organisasi Islam di Jawa Tengah.

“Diharapkan untuk tidak melakukan kegiatan seperti tarawih keliling, takbir keliling, pesantren kilat ditiadakan dulu. Itu dari surat edaran Kemenag,” imbuh Ganjar.

Ganjar menambahkan pula agar di masjid-masjid tetap ada pembacaan Alquran dan tadarus terus menerus secara berkelanjutan setiap menjelang salat lima waktu dan dibacakan langsung bukan dengan rekaman.

Sementara itu Ketua MUI Jawa Tengah, Ahmad Daroji mengatakan masing-masing perwakilan ulama dan ormas sudah menyampaikan pendapatnya. Namun belum ada keputusan bulat.

“Selama 10 hari kedepan masing-masing akan mendalami dulu, kami yakin aka nada satu keputusan yang bisa dilakukan bersama. Memang ini tidak sama persis dengan apa yang diputuskan pusat, kita lihat kondisi kedepan terkait Salat Tarawih dan Salat Idul Fitri,” ungkapnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Terkait Pengamanan Pilkada, Kapolda Jateng Tidak Berencana Berkantor di Solo

Langgar Protokol Kesehatan, Pegawai Pemprov Siap-Siap Didenda Hingga Rp 500.000

Ganjar Fokus Stimulus Usaha Mikro Untuk Hadapi Resesi

Ganjar Minta Provider Seluler Tangani Area Blank Spot di Jateng

Ganjar Minta Petani Tembakau Temanggung Urung Demo ke Istana

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar