Antisipasi Corona, Masjid Jami Jatisari Semarang Pasang Pengaman Buat Jamaah Sholat Jumat
Komentar

Antisipasi Corona, Masjid Jami Jatisari Semarang Pasang Pengaman Buat Jamaah Sholat Jumat

Komentar

Terkini.id, Semarang – Meski di beberapa Masjid di kota Semarang untuk sementara waktu meniadakan sholat Jumat berjamaah karena alasan wabah corona, namun hal tersebut tidak berlaku di Masjid Jami Jatisari kota Semarang.

Ratusan jamaah masih bersemangat berbondong bondong mengikuti sholat Jumat berjamaah.

Demi keamanan dan kenyamanan jamaah terkait penyebaran virus corona, pihak pengurus masjid Jami Jatisari melakukan langkah antisipasi antara lain sebelumnya dengan melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh lingkungan masjid mulai dari halaman parkir, tempat wudhu, hingga dalam ruangan masjid.

Selain itu pihak pengurus juga menyediakan sabun antiseptic di beberapa sudut masjid.

Dan sebelum jamaah masuk ke dalam masjid, terlebih dulu dicek suhu tubuh serta disemprotkan hand sanitizer atau disinfektan yang bertujuan untuk mencegah penularan virus corona.

“Memang kami tetap jalankan sholat Jumat, karena berdasar himbauan MUI Jawa Tengah kalau situasinya masih memungkinkan, akan tetapi harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan dari MUI. Seperti harus menyiapkan disinfektan, hand sanitizer untuk disemprotkan ke jamaah. Kemudian shaf sholat juga diberikan jarak rengang kurang lebih 1 meter untuk menghindari penularan tersebut”, ujar Siswanto takmir masjid Jami Jatisari.

Tak ketinggalan pihak pengurus masjid juga menyiapkan minuman wedang jahe atau yang dikenal dengan mpon mpon yang terbuat dari rempah tradisional bagi para jamaah yang diberikan usai ibadah sholat Jumat.

“Ibu ibu pengurus masjid di sini memang terbiasa menyediakan makanan kecil berupa nasi dan kue untuk jamaah sholat Jumat, tapi kali ini kita buat tambahan khusus untuk minuman tradisional isinya ada jahe, kunyit dan gula jawa kalau menurut orang tua dulu, ini bisa untuk tambah daya tahan tubuh kita dari penyakit kaya pilek dan sebagainya”, ucap Siswanto.

Lukman salah seorang jamaah mengatakan bahwa dirinya tetap menunaikan ibadah sholat Jumat karena keyakinan diri.

“Menurut saya itu kembali ke diri masing masing, memang di Jakarta sudah ada himbauan untuk melaksanakan sholat Jumat sendiri sendiri, tapi bagi saya yang penting tetap jaga diri, menjaga kebersihan ikuti sunah Rasul untuk menjaga wudhu, gitu aja sih”, tutupnya.